Jaringan Meristem Tumbuhan



Jaringan merupakan kumpulan sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Jaringan tumbuhan berarti kumpulan dari sel – sel tumbuhan yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Berdasarkan tipe struktur dan fungsi sel, jaringan tumbuhan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu JARINGAN MERISTEM (embryonal) dan JARINGAN DEWASA (permanen). Postingan kali ini akan membahas Jaringan Meristem Tumbuhan.
A.      Pengertian Jaringan Meristem.
Jaringan Meristem adalah jaringan dimana sel penyusunnya selalu aktif untuk membelah dan berperan melakukan pertumbuhan pada tumbuhan.
B.      Karakteristik Jaringan Meristem.
Ilustrasi Susunan Sel Meristem pada Jaringan Meristem

Ciri – ciri dari Jaringan Meristem Tumbuhan adalah :
1.       Tersusun dari sel yang masih muda dan berukuran kecil.
2.       Masih aktif membelah.
3.       Belum berdiferensiasi.
4.       Sel berbentuk dan berukuran sama.
5.       Dinding sel tipis.
6.       Nucleus besar.
7.       Sitoplasma banyak.
8.       Tidak memiliki ruang antarsel.
9.       Tidak memiliki vakuola, sehingga tidak dapat menyimpan cadangan makanan.
10.   Memiliki sifat totipotensi yang tinggi.
C.      Jenis – Jenis Jaringan Meristem.
Berdasarkan asalnya, jaringan meristem dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.       Meristem Primer.
Jaringan meristem ini berasal dari perkembangan sel – sel embrionik. Umunya terletak di ujung akar dan ujung batang. Keberadaan jaringan ini membuat tumbuhan semakin bertambah panjang.
2.       Meristem Sekunder.
Jaringan meristem ini berasal dari jaringan dewasa yang kembali menjadi embryonal. Jaringan ini meliputi cambium dan cambium gabus. Cambium terdapat pada akar dan batang tumbuhan Dikotil dan Gymnospermae. Cambium gabus terdapat pada kulit batang dan membentuk jaringan gabus. Keberadaan jaringan ini membuat tumbuhan semakin bertambah besar.
Letak Meristem Apikal, Interkalar, dan Latetal

Berdasarkan letaknya, jaringan meristem dibagi menjadi tiga, yaitu :
1.       Meristem apical.
disebut juga meristem ujung karena terletak di ujung akar dan ujung batang. Jaringan ini akan memanjangkan akar dan batang tumbuhan sehingga bertambah tinggi.
2.       Meristem interkalar.
Disebut juga meristem antara karena terletak di antara jaringan dewasa. Jaringan ini terletak di pangkal ruas batang.
3.       Meristem lateral.
Disebut juga meristem samping karena mengalami pertumbuhan menyamping. Meristem ini terletak sejajar dengan permukaan organ tempat ditemukannya, seperti cambium dan cambium gabus.
D.      Fungsi Jaringan Meristem.
Keberadaan jaringan meristem pada tumbuhan yaitu untuk:
1.       Melakukan pertumbuhan primer.
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang menghasilkan tumbuhan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bisa juga dikatakan sebagai pertumbuhan memanjang meninggi. Pertumbuhan ini dilakukan oleh meristem apical dan meristem interkalar.
2.       Melakukan pertumbuhan sekunder.
Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang menghasilkan tumbuhan yang lebih besar dari sebelumnya. Bisa juga dikatakan pertumbuhan menyamping. Pertumbuhan ini dilakukan oleh meristem lateral.
Sebagai jaringan berusia muda, jaringan ini akan terus membelah dan setelah membelah, sel tersebut akan berdiferensiasi menjadi sel dewasa membentuk jaringan dewasa. Jaringan dewasa ini pun akan mengalami spesialisasi menjadi beberapa jenis jaringan untuk melakukan fungsi yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Pembahasan mengenai jaringan dewasa akan dibahas lebih lanjut dalam postingan lainnya.

Komentar